Jumat, 14 Januari 2011

Upacara HUT Ke-54 Kaltim di Kutai kartanegara

TENGGARONG - Jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (13/7) pagi kemarin menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 Provinsi Kaltim di halaman kantor Bupati Kukar. Bertindak selaku inspektur upacara Asisten IV Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Humas Sekkab Kukar, H Bahroel.
Upacara diikuti oleh pegawai di lingkungan Pemkab Kukar, TNI, dan Polri. Dalam sambutan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak yang dibacakan Bahroel mengatakan, peringatan HUT ke-54 Kaltim mengangkat tema Mewujudkan Provinsi Hijau, Menuju Masyarakat yang Sehat Cerdas dan Sejahtera. "Tema tersebut bermakna momentum HUT Kaltim ini, pemerintah bersama masyarakat Kaltim bertekad menjadikan Kaltim sebagai Provinsi Hijau," ujarnya.
Hal tersebut seiring dengan dilaksanakannya program Kaltim Green (Kaltim Hijau) yang telah dideklarasikan pada Kaltim Summit, 7 Janurai 2010 lalu. Kaltim Green itu dilaksanakan guna mendukung tekad pemerintah pusat mengurangi emisi karbon. Tujuannya, pertama; untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara menyeluruh dan seimbang. Kedua, mengurangi ancaman bencana ekologi.
Ketiga, mengurangi terjadinya pencemaran dan perusakan ekosistem. Serta yang terakhir, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan kepentingan sumberdaya alam (SDA) terbarui, dan pemanfaatan secara bijak SDA tak terbarui.
Dikatakannya, Kaltim Green merupakan dimulainya proses pelaksanaan pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan, yang berbasis tata kelola pemerintahan yang berwawasan lingkungan. Lebih lanjut dijelaskan, Kaltim telah mendapat pengakuan dan penghargaan Indonesian Green Award kategori Best Indonesia Green Province jenis silver pada Agustus 2010 lalu.
"Saya merasa gembira karena Kaltim Green mendapat sambutan antusias tak hanya dari lingkup pemerintah, tetapi juga oleh pihak swasta dan masyarakat untuk bersama melaksanakan penanaman satu orang lima pohon," paparnya.
Pada HUT ke-54 ini, Pemprov Kaltim kembali memberikan panji-panji keberhasilan pembangunan, trofi dan piagam penghargaan kepada kabupaten/kota yang dinilai berhasil meningkatkan pembangunan di daerah masing-masing. Kukar bersama Samarinda berada di posisi kedua perolehan penghargaan tersebut, dengan berhasil menerima masing-masing tiga panji keberhasilan, sedangkan Balikpapan menerima enam panji keberhasilan. (hmp03)

http://www.kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=86260

0 komentar:

Posting Komentar