Jumat, 14 Januari 2011

Kaltim Minta Perhatian Lebih

SAMARINDA, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menilai alokasi dana dari pusat untuk daerahnya masih kecil. Pembangunan tidak bisa berjalan optimal. Pemerintah Pusat diharapkan memberi perhatian lebih dalam hal bantuan dana yang lebih besar.

Demikian disampaikan Awang Faroek menanggapi pertanyaan wartawan terkait kendala utama Kaltim seusai peringatan HUT Kaltim ke-54 di Stadion Madya Sempaja, Kota Samarinda, Kamis (13/1/2011).

Awang Faroek mengklaim, setiap tahun sumber daya alam Kaltim yang dihisap oleh pusat senilai Rp 315 triliun. Namun, yang kembali ke Kaltim dalam bentuk dana cuma senilai Rp 12 triliun. Itu terdiri dari Rp 7 triliun transfer langsung dan Rp 5 triliun dana alokasi program dari kementerian-kementerian.

Jumlah itu masih kurang mengingat masih banyaknya yang belum dibangun seperti jaringan jalan yang layak, bandar udara di pelbagai tempat terutama yang menjangkau permukiman di pedalaman dan daerah terpencil, dan sarana listrik serta air bersih. "Kami tidak ingin otonomi khusus tetapi berilah kami perhatian lebih," kata Awang Faroek.

http://regional.kompas.com/read/2011/01/13/11490429/Kaltim.Minta.Perhatian.Lebih

0 komentar:

Posting Komentar