Jumat, 14 Januari 2011

Tokoh Berjasa di Kaltim tahun 2010

Seabrek penghargaan, panji-panji keberhasilan dan penyerahan tropy kepada mereka yang berjasa dan berprestasi bakal mewarnai puncak perayaan HUT ke-54 Provinsi Kaltim tahun 2011. Setidaknya, ada sepuluh tokoh yang dipandang berjasa membangun Kaltim dan berhak menerima penghargaan dari Pemprov di Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi ke-54 ini.

“Tahun 2011 ini ada sepuluh tokoh yang dinilai berjasa ikut membangun dan memajukan Kaltim. Mereka itu berhak menerima penghargaaan yang akan diserahkan pada puncak peringatan HUT Provinsi ke-54 ini,” ucap Koordinator Seksi Pemberian Penghargaan Panpel HUT, Syachrumsyah Asri saat konfrensi pers dengan wartawan di Studio RRI Samarinda, Jumat (7/1).
Siapa saja mereka?

Syachrumsyah, Kepala Balitbangda (Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah) Kaltim itu menyebut, sepuluh tokoh berjasa tersebut adalah

  1. Herlan Agussalim (alm)
  2. HM Fuad Arieph
  3. H Achmad Husry
  4. KH Saad Idjan Saleh
  5. Hj Eka Komariah Kuncoro
  6. Hj Suwinah Alwy AS
  7. Hj Rusmilawati
  8. H Yusuf Serang Kasim
  9. Said Mochsen (alm)
  10. H Ence Abdussamad (alm)

Herlan (alm) yang mantan Ketua DPRD Kaltim periode 2004 – 2009 berjasa di bidang kepemudaan atau pantas disebut tokoh pemuda. Lantas Fuad Arieph, mantan Ketua PWI Kaltim dua periode (1990 – 2000) sebagai tokoh pers, Achmad Husry (tokoh pembina olahraga), Saad Idjan Saleh (tokoh agama), Eka Komariah atau Bu Kom, Suwinah Alwy atau Bu Win dan Rusmilawati sebagai tokoh wanita, Yusuf SK yang mantan walikota Tarakan dua periode (1999 – 2009) sebagai tokoh pendidikan, dan dua lainnya berjasa sebagai pendiri Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

Pemberian penghargaan kepada 10 tokoh di atas, urai Syachrumsyah, merupakan bagian dari agenda pemberian penghargaan, panji-panji keberhasilan, dan tropy kepada mereka yang dipandang berjasa dan berprestasi di bidang masing-masing. “Bertepatan HUT ke-54 ini, ada 21 panji-panji keberhasilan yang kita berikan, 27 tropy, 30 piagam penghargaan, termasuk penghargaan kepada 10 tokoh berjasa,” ucap Syachrum yang saat itu menemani Ketua Panpel HUT Provinsi ke-54, HM Aswin dan panitia lainnya.

Syachrum sendiri belum merinci siapa-siapa saja yang berhak menerima panji-panji keberhasilan, penerima tropy dan piagam penghargaan lainnya itu. Namun, panji-panji keberhasilan itu diakuinya lebih terfokus kepada Pemkab dan Pemkot se-Kaltim, kelompok-kelompok usaha dan perorangan yang dinilai berhasil mengembangkan usaha dan kegiatannya dalam memajukan pembangunan.

“Banyak memang kriteria penilaian yang kita lakukan kepada mereka yang berhak menerima panji-panji, tropy dan piagam penghargaan itu. Tapi, untuk sementara kami belum bisa menyebut kabupaten/kota atau kelompok mana saja yang berhak menerima, kecuali pada puncak perayaan HUT Provinsi ke-54 nanti,” ucap Syachrum.

Upacara puncak HUT Provinsi Kaltim ke-54 yang jatuh pada 9 Januari 2011 sendiri sedianya dihelat Senin (10/1) di Stadion Madya Sempaja, Samarinda. Tapi, belakangan diundur menjadi Kamis (13/1), karena Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Wagub Farid Wadjdy, Ketua DPRD Mukmin Faisjal, Sekprov Irianto Lamberi, termasuk Bupati/Walikota diundang Presiden SBY ke Jakarta untuk suatu pertemuan.

http://www.wisatakaltim.com/berita/tokoh-berjasa-di-kaltim/


====================================================================

SAMARINDA. Kaltim telah menginjak usia ke 54 Tahun, dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kaltim kemarin, Kamis (13/1), Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisal dalam pidatonya berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat Kaltim maupun pemerintah Kaltim untuk tetap mengutamakan Kelestarian Kaltim dalam setiap kegiatan pembangunan.
"Alhamdulillah, pada hari ini kita semua dapat merayakan hari yang sangat istimewa dalam perjalanan sejarah 54 tahun Provinsi Kaltim. Selaras dengan tema tersebut, pembangunan Kaltim ke depan, harus tetap mengutamakan kelestarian alam," katanya.
Mukmin menyebutkan, semua kegiatan pembangunan, termasuk eksploitasi sumber daya alam untuk kepentingan ekonomi, jangan lagi merusak lingkungan. "Mulai sekarang dan seterusnya, Kaltim yang hijau harus benar-benar kita wujudkan dalam tindakan nyata, agar masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera bukan sekedar di angan-angan," ucap dia.
Dalam kesempatan itu pula, Mukmin menyampaikan rasa bangganya, sabab dalam kurun waktu yang cukup panjang tersebut, yakni 54 tahun, banyak kemajuan yang telah dicapai dalam berbagai aspek kehidupan baik yang menyangkut politik, sosial ekonomi, maupun perkembangan pembangunan fisik diseluruh wilayah Kaltim.
Semua kemajuan tersebut, sambung dia, tentu tidak lepas dari jasa-jasa para pendahulu. Maka dalam kesempatan yang sama, 10 tokoh yang dianggap berjasa dalam pembangunan Kaltim diberikan piagam penghargaan. Adapun yang menerima piagam penghargaan tersebut antara lain, Almarhum Drs H Herlan Agusalim (Tokoh Pemuda), H M Fuad Arieph (Tokoh Pers), H Achmad Husry selaku (Tokoh Pembina Olahraga), KH Saad Idjan Saleh BA (Tokoh Agama), Ir Hj Eka Komariah Kuncoro, Prof Dra Hj Rusmilawati IM dan Prof Dra Hj Suwinah Alwy selaku (Tokoh Peranan Wanita) dan Drs Yusuf SK (Tokoh Pendidikan) serta Almarhum S Mochsen dan Almarhum H E Abdus Samad. Penghargaan itu diberikan oleh Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak didampingi Wakil Gubernur Farid Wadjdy serta Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisal dan para Wakil, Hadi Mulyadi, Marten Apuy dan Yahya Anja.
Di tempat yang sama, mantan Gubernur Kaltim Drs H Suwarna AF yang hadir mengatakan saat ini Kaltim banyak mengalami kemajuan. "Tapi sayangnya kemajuan itu baru sebatas pembangunan yang bersifat fisik. Tinggal ke depan bagi aparatur pemerintah harus bekerja keras bagaimana melakukan pembangunan non fisik seperti pendidikan, pariwisata, kesejahteraan masyarakat khususnya di perbatasan. Itu penting," tegasnya.
Sementara Paripurna Istimewa HUT Kaltim kemarin berjalan lancar dan sukses. Dihadiri sekitar 8 ribu undangan termasuk 14 kepala daerah di Kaltim. Acara dimulakan pukul 11.30 Wita dan diakhiri dengan hiburan dan makan bersama sekitar pukul 15.00 Wita.

http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/Rubrik/15/12271


0 komentar:

Posting Komentar