Pelari Nasional Tercepat Pada 10 K Kaltim

Samarinda (ANTARA News- Kaltim)- Dua pelari nasional untuk putra dan putri berhasil menjadi juara pertama dalam lomba lari 10 K (Kilometer) Terbuka Kejuaraan Gubernur Kaltim di Samarinda, Kalimantan Timur pada Minggu (30/1).

Dilaporkan di Samarinda, Minggi bahwa Jauhari Johan, pelari andalan nasional nomor marathon dari Sumatera Selatan, dia berhasil tiba di garis finish pertama dengan catatan waktu 32,39 menit.

Sementara di kelompok putri, Trianingsih tak tertandingi dengan catatan waktu 35,56 menit.

Keduanya menjadi orang tercepat dalam event itu namun tidak ada rekor nasional yang terlampaui, padahal panitia menyiapkan dana Rp100 juta bagi pemecah rekor.

Jauhari Johan 14 detik lebih dulu mencapai finish dari I Gede Karang Asam, pelari dari Secapa TNI AD. Posisi ketiga ditempati pelari Maluku, Feri Junaidi dengan catatan waktu 33,02 menit.

Di bagian putri, Trianingsih yang mendaftar di saat-saat akhir sebelum penutupan pendaftaran, tidak terkejar oleh para pesaingnya, Yulianingsih dari Jawa Timur yang finish dengan waktu 37,30 menit dan Olivia Sadi dari Nusa Tenggara Timur dengan catatan waktu 38,25 menit.

Sedangkan prestasi yang diperoleh pelari asal Kaltim di kelas umum ini diraih Andi Mukhlis, yakni pelari binaan PKT Bontang dengan waktu tempuh 33,53 menit. Andi harus puas menduduki di urutan ke enam.

"Tidak ada pemecahan rekor nasional dalam lari 10 K ini, tetapi saya senang karena antusias para pelari dari berbagai daerah di Indonesia ternyata cukup besar,? kata Gubernur Kaltim Awang Faroek usai menyaksikan pertandingan lari 10 K, Minggu.

Dengan tidak adanya pemecahan rekor, maka bonus yang dijanjikan gubernur sebesar Rp100 juta batal diserahkan. Namun Trianingsih berhasil memperbaiki catatan waktunya sendiri yang dicapai tahun lalu, yakni 36,52 menit.

Pada kategori pelajar putri, PKT Bontang memborong gelar juara. Fony Desyantika (SMPN 4 Bontang) dengan waktu 42,27 menit berada di tempat pertama, kemudian Lia Indah Pandini (SMAN 2 Bontang) dengan waktu 42,29 menit menempati posisi kedua dan Hasmiati (SMPN 4 Bontang) dengan waktu 43,28 menit berada di urut ketiga.

Sementara untuk kelompok pelajar putra, juara pertama direbut Hermawan (SMK I Bontang), Dasmen (SMPN 7 Samarinda) dengan waktu 37,06 menit dan Andi Mun (SMPN 13 Samarinda).

http://kaltim.antaranews.com/berita/3626/pelari-nasional-tercepat-pada-10-k-kaltim