Jumat, 28 Januari 2011

Lomba Ketinting dan Napak Tilas

Meriahkan Peringatan Peristiwa Merah Putih


TENGGARONG-vivaborneo.com, Dalam rangka memeriahkan Peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga Sanga, Panitia menggelar Lomba Ketinting (perahu bermotor) dan kegiatan Napak Tilas perjuangan Merah Putih yang berlangsung 29 Januari 2011

Pelepasan peserta napak tilas tahun lalu

Pelepasan peserta napak tilas tahun lalu

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sri Wahyuni mengatakan lomba ketinting yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kukar itu, akan digelar ditepian Dermaga 7 Pertamina Sanga Sanga, mulai pukul 10.00 wita.

Lomba ketinting dipastikan seru, karena diikuti 30 peserta dari lima kecamatan di Kukar, yaitu Kota Bangun, Muara Muntai,Muara Kaman, Muara Badak dan tuan rumah Sanga Sanga. Lomba ini terbagi dalam tiga kategori berdasarkan kapasitas mesin yaitu 9 PK, 10 PK dan 13 PK yang menempuh jarak 3×400 meter.

“Bagi pemenang, disediakan total uang tunai senilai 19 juta rupaiah dan tropi,” ujar Sri saat ditemui diruang kerjanya.

Sedangkan kegiatan Napak Tilas perjuangan Merah Putih akan dilepas di Monumen Pertahanan Merah Putih, kelurahan Sanga Sanga Muara, pukul 14.00 wita. Munumen pertahanan tersebut dulunya merupakan pertahanan awal para pejuang menghalau serangan penjajah. Kemudian peserta akan melewati sejumlah tempat-tempat bersejarah, menuju finish di SD YPTH Sanga Sanga dengan rute kurang lebih 10 KM.

Sri mengatakan peserta Napak Tilas tahun ini sangat antusias, hingga (28/1) dipastikan 70 regu dari berbagai kalangan akan mengikuti kegiatan tersebut. Masing masing regu berjumlah 10 orang, jadi 700 orang ambil bagian dalam Napak Tilas ini.

Dijelaskannya bahwa dalam perjalanan Napak Tilas, peserta akan melewati tiga pos. Pada pos I dan II, peserta akan diberi penjelasan oleh Veteran tentang tempat-tempat bersejarah. Sedangkan di Pos III, peserta akan diberi quisioner dengan 10 pertanyaan esai seputar sejarah Sanga Sanga.

Kegiatan Napak Tilas ini juga memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kukar, dan piala tetap serta total uang 8 juta rupiah.

“Penilaian pemenang yaitu berdasarkan kerapian, kekompakan, kreatifitas dan hasil quisioner yang dibagiakn di pos III,” pungkasnya. (vb/heru)

http://www.vivaborneo.com/lomba-ketinting-dan-napak-tilas-meriahkan-peringatan-peristiwa-merah-putih.htm


0 komentar:

Posting Komentar